Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 26 Februari 2009

Meningkatkan Performa Komputer (Bagian 2)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kerja komputer, diantaranya adalah uraian pada artikel berikut ini yang merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yakni tips-tips untuk Meningkatkan Performa Komputer kita. Anda bisa mempraktekkannya langsung sehingga terdapat perbedaan performa dari komputer anda.

Pengaturan dilakukan melalui Registry editor / regedit. Oleh karena itu sebelum melakukan tips ini sangat disarankan untuk membuat backup registry editor / cadangan registry editor. Hal ini sangat berguna untuk menghindari komputer menjadi error / macet akibat ada kesalahan dalam prakteknya.

Perlu anda ketahui, ketika komputer menyala & kita tidak menjalankan aplikasi apapun, sebenarnya Windows sedang melakukan banyak proses, hanya saja proses tersebut tidak kelihatan karena dilakukan dibelakang sistem (Background Application). Anda bisa melihatnya melalui Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del (tombol-tombol tersebut ditekan secara berbarengan). Pada kotak Windows Task Manager, klik tab Processes. Anda bisa melihat begitu banyak proses yang sedang dijalankan.

Trik berikut ini berguna untuk meningkatkan prioritas aplikasi yang kita jalankan secara 'manual' (aplikasi yang diproses oleh kita sendiri) misalkan aplikasi Ms.Word, Ms.Excel, Winamp dan sebagainya, sehingga sistem Windows akan 'lebih mengutamakan & memfokuskan' tenaganya untuk aplikasi yang kita buka tadi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Start - Run, lalu ketikkan: regedit
  • Masuk ke menu HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ PriorityControl
  • Pd jendela sebelah kanan, terdapat item bernama Win32PrioritySeparation. Klik ganda item tsb, ubah value data nya menjadi 26. Jika sudah, tekan OK
  • Restart komputer

Setelah melakukan pengaturan diatas tadi, maka komputer akan lebih menitik beratkan terhadap aplikasi-aplikasi yang anda akses / anda buka sehingga secara otomatis kinerjanya akan ditingkatkan.

Trik-trik lainnya untuk meningkatkan performa komputer dapat dilihat pada pembahasan berikutnya

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: M. Yusuf Mubarok

0 komentar: